3

[fanfic] It’s Not About the Money


Title :   It’s Not About the Money

Length : One Shot

Lokasi : Gedung SM n Dorm SNSD

Cast :
Hyoyeon, YoonA, another member SNSD, Changmin DBSK, Krystal F(x), artis SM lainnya.


Hyoyeon sedang duduk di kantin di gedung SM,menghitung beberapa lembar uang dan di hadapannya buku catatan kecil penuh dengan daftar siapa saja yang hutang denganya, dia kini jadi tukang jual pulsa keliling di wilayah gedung SM. Beberapa artis SM seperti Super Junior, F(x) dan banyak lainnya, bahkan BoA sudah jadi pelanggannya. Baru satu tahun ini dia melakukan bisnis pulsa ini. Anggota SNSD bahkan sering berhutang padanya.
“Tiffany 6000 won,”gumam Hyoyeon sambil mencatat di buku catatannya kalau Tiffany masih hutang. “Taeng…”dia menengadah mengingat sesuatu, “Kemaren kayaknya dia udah nyicil 4000 won,”dia mencatat lagi, “berarti masih kurang 36000 won.”
Kemudian Hyoyeon menghitung uang lagi, “Pas! 59000 won.”ujarnya kemudian memasukan uang itu ke dompet berwarna hijau, dompet khusus bisnis pulsanya, dipisahkan dengan uang pribadinya di dompet merahnya.
Setelah memasukkan semua barang-barangnya yang sebelumnya tersebar di meja di kantin itu ke dalam tasnya, Hyoyeon langsung menuju kelantai 4 gedung SM untuk latihan dance The Boys versi remix bersama anggota SNSD yang lain.

Saat istiharat sesaat di tengah latihan, anggota SNSD lainnya dan Hyoyeon bersantai di ruangan itu.
Sooyoung, Yuri dan Seohyun sedang berdiskusi tentang drama terbaru Yuri. Tiffany duduk sedang bersandar memainkan hapenya. Hyoyeon,Taeyeon dan YoonA sedang membuka kantong plastik yang tadi dibawa manager Oppa sebelumnya, yang seperti dugaan mereka, yaitu berisi berbagai snack. Sedangkan Sunny dan Jessica sedang duduk mendinginkan diri di depan air con.
“Hyonggie! Aku beli pulsa dund! 5000 ja yang sms ke nomerku yang blakangnya 700 itu ya! Tapi utang dulu! Heheheh…” seru Tiffany nyengir.
“Gali lubang tutup lubang trus gali lagi, baru tadi pagi bayar sekarang utang lagi… tapi nggak apa de.. Gidaryo…”ujar Hyoyeon kemudian mengeluarkan ponselnya.
Taeyeon memperhatikan apa yang dilakukan Hyoyeon, kemudian Hyoyeon meliriknya dan berujar, ”Kenapa liat-liat? Mau bayar ya? hhehehe,”Hyoyeon paling sering menyindir anggota lain dengan cara yang unik agar mereka ingat kepada hutangnya.
“Ya!!! Nyidirnya nggak usah gitu juga kali.. aku kan cuma liat aja.. ntar di dorm aku bayar de… brapa-brapa siy?”Taeng dengan gaya menantang.
“36000,”ujar Hyoyeon masih sibuk dengan ponselnya karena sedang mengirim pulsa untuk Tiffany.
“Mwo?! Banyak banget? Ngarang ya?!”taeng nggak percaya.
“Abis kamu hobinya utang, bayarnya dikit-dikit.. Leader SNSD kok utang pulsa.. Hahahhaha,” ujar Sunny yang taw tentang hobi si dorky leader itu.
“Bener tu..! Malu de… punya leader tukang utang…”tambah Jessica kalem.
“Ya!! Kalian berkomplot. Makanan ini semuanya buat aku!” Taeyeon langsung memeluk pas plastik berisi berbagai jajanan itu.
Anggota lain langsung reflek menyerang Taeyeon untuk mendapatkan jajanan itu juga.

Setelah selesai latihan, mereka pun berjalan keluar studio dance itu menuju schedule berikutnya. Di perjalannya menuju lantai satu, mereka bertemu dengan Krystal f(x).
“Anyeong Krystal!”sapa beberapa member yang sempat menyapa, Jessica malah sedang asik membalas sms dari Taecyeon dan tidak menyadari ada adiknya disana.
“Anyeong unniedeul!” balas Kriytal. “Oh, Hyoyeon unnie…”
“Mwo so jung-ah..”Hyoyeon berbalik saat Krystal memanggilnya.
“Tadi Vic eomma, titip bayar pulsa. 20000 won kan?”Krystal mengeluarkan uang dari kantongnya.
“Vic unnie ya? Bentar ya?” Hyoyeon mengeluarkan buku catatan pulsanya dan mencari nama Victoria disana dan disamping nama Victoria tertera tulisan 15000 won.
“Anniyo.. Cuma 15000 ja.” Hyoyeon kemudian menerima uang dari Krystal dan memberikan kembalian. “Bilangin Gomawo buat unnie ya.. Anyeong!”

Beberapa hari kemudian, YoonA bikin beberapa pamflet dan ditempelkan di beberapa papan pengumuman di gedung SM, yang berisi jika ingin beli pulsa cepat bisa menghubungi nomernya dan ada tulisannya juga ‘bisa dibayar hutang’.
“Unniedeul, sekarang aku jualan pulsa juga,”ujar YoonA saat sedang berada di kantin SM bersama dengan Sunny, Seohyun dan Sooyoung.
“Ya!! Kau mau menyaingi Hyoyeon?”tanya Sooyoung yang lumayan terkejut dengan berita itu.
“Aku dah lama cerita ma Hyoyeon unnie kalo aku mau jual pulsa juga, tapi waktu dulu aku masih belum tau kapan, sekarang sepupuku lagi buka konter pulsa jadi sekalian jualin aja. Hehehehe…”YoonA nyengir ja.
“Kamu nggak takut saingan ma Hyoyeon?Dia kan udah punya banyak pelanggan tetap,”Sunny jadi khawatir.
“Kalo gitu aku tinggal jualin aja ke pelanggan nggak tetapnya Hyoyeon unnie.. heheheh”ujar YoonA santai.

“Berarti nanti malam drama mu itu tayang? Waah, nggak bisa liat dund. Nanti malem kan kita ada acara di radio,”komen Hyoyeon saat berjalan berdua dengan Yuri di lorong lantai 2 gedung SM.
“Eh, itu pengumuman apa?”Yuri melihat pamflet yang dibuat YoonA.
Kemudian Yuri dan Hyoyeon mendekat dan membaca.
“Hyoyeon-ah, berarti kamu dapet saingan niy…”Yuri menggoda Hyoyeon.
“Udah lama, dia bilang dia mau jualan juga tapi ternyata baru sekarang,”Hyoyeon berkomentar. “Yawdah yuk”
Yuri melihat ekspresi wajah Hyoyeon agak berubah setelah membaca pengumuman itu.

Anggota SNSD berkumpul untuk latihan dance Mr.Taxi kali ini.
“Waa.. sekarang Hyoyeon ma YoonA saingan niy…”komentar Tiffany menggoda.
“Hehehe iya..”ujar Hyoyeon datar.
YoonA hanya tersenyum.
Dan kemudian merekapun mulai latihan.

Beberapa hari kemudian.
Di lobi lantai 3 gedung SM. Yuri, Tiffany, Hyoyeon, YoonA dan Seohyun menunggu Jessica dan Taeyeon yang ada urusan dengan manager Oppa sebentar sebelum bersama pulang ke dorm.
“YoonA-ah!”panggil Changmin DBSK.
“Ne oppa..”YoonA bangkit dari duduknya
“Kemarin 15000 won ya? Nih..”Changmin menyerahkan 1 lembar 10000 won dan 5000 won ke YoonA. “Gomawoyo..”
“Gamsaheyo Oppa..”YoonA menerima uang itu dan memasukkan ke tasnya setelah Changmin berlalu.
Yuri, Seohyun dan Hyoyeon dengan tanpa sadar melihat Changmin dan kemudian mata mereka bahkan mengikuti Changmin sampai dia menghilang di belokkan.
“Waaa.. Changmin oppa udah jadi pelangganmu niy…”goda Tiffany.
Beberapa hari berlalu, banyak anggota Super Junior dan DBSK bahkan EXO-M dan EXO-K yang bolak-balik mencari YoonA untung membayar pulsa. Itu bukan berarti jualan pulsa Hyoyeon menjadi tidak laku, BoA sunbae dan member f(x) dan SNSD sendiri masih beli kepadanya.

Di dorm SNSD, semua  member sedang bersantai di ruang tv.
Kemudian Hyoyeon keluar dari kamar dengan mengejutkan para member karena dia membuka pintu dengan cara yang kasar.
“Ya!!! Neo!! Yonna!! Im YoonA!! Aku udah nggak betah dengan tingkah lakumu!”bentak Hyoyeon dengan tiba-tiba.
“Ada pa niy?”tanya taeyeon yang mewakili semua member yang juga nggak taw permasalahannya.
“Hyoyeon-ah..Hajima…!”larang tiffany.
“Andwe!! Aku udah nggak tahan.. ini menyebalkan!”
“Unnie kau tidak terima aku jualan pulsa? Unnie nggak suka pulsaku lebih laku dan aku mendapatkan uang lebih banyak?”tanya YoonA polos.
“Ini bukan masalah lebih laku atau mendapatkan uang lebih banyak! Ini lebih ke masalah sosial!!”Hyoyeon berjalan mendekati YoonA.
Member lain melihatnya dengan perasaan tegang, karena Hyoyeon cukup menyeramkan kalau sedang marah.
“Aku mau tanya kenapa kau jualan pulsa?!”tanya Hyoyeon dengan menantang.
“Aku hanya iseng saja, lumayan untuk menambah uang buat jajan, walau nggak seberapa sebenarnya.”jawab YoonA.
“Kau tau kenapa aku jual pulsa?!”
“Bukankah sama alasannya? Ini kan bukan pekerjaan yang sangat menghasilkan bukan..”
“Itu! Itu! ITU!!! Kau tidak mengerti…! Apa yang kau maskud dengan menambah uang buat jajan? Kau tau berapa ratus CF yang kau bintangi dibanding yang lain? Brapa puluh drama yang kau mainkan dibanding dengan member yang lain? Kau yang paling berpenghasilan! Taw tidak?!” Hyoyeon marah-marah.
Sunny ikut mengangguk setuju untuk Hyoyeon.
“Jadi benarkan kalau ini masalah uang,” komen YoonA dengan nada kasar.
“Kau masih belum mengerti dan aku belum selesai. Kau yang tercantik, kau face of group,di setiap polling kau selalu menduduki nomor 1 atau 2 dibanding Taeng, dan kau tau aku diurutan berapa?”
YoonA hanya diam.
“Ini bukan masalah uang! Ini masalah komunikasi sosial! Tanpa kau jualan pulsa, semua pria menyukaimu. Aku melakukan ini juga bukan karena aku ingin menambah penghasilan, benar katamu, ini bukan pekerjaan yang menghasilkan. Tapi setidaknya dengan ini, aku mendapatkan teman baru. Kau tahu, sebelumnya aku tidak banyak bicara dengan DBSK sunbae atau TRax, tapi setelah aku melakukan ini aku , aku bisa mengobrol dengan Jungmo atau Changmin oppa. Atau dengan trainee EXO yang sebelumnya aku tidak kenal, dibanding dengan dirimu yang sudah memiliki banyak pekerjaan bersama mereka. Sekarang setelah kau berjualan pulsa dan mereka lebih memilih membeli kepadamu yang lebih cantik, bukan berarti punyaku jadi tidak laku. Member fx dan SNSD masih beli kepadaku bahkan BoA sunbae, tapi aku jadi tidak memiliki hal untuk berbicara dengan mereka!! ARAYO?!!!!”

Hyoyeon kemudian sadar dari lamunannya.. Bagaimana mungkin dia melakukan hal yang dibayangkan itu. Mana bisa dia marah-marah karena hal konyol seperti pulsa itu dan persahabatannya dengan YoonA akan berbeda karena hal itu.
Hyoyeon kemudian berpikir kembali.  Jika memang  itu yang terjadi yasudah biarkan saja, jika dia jadi sedikit memiliki teman setidaknya dia masih punya sahabat. Dan sahabat selalu bernilai lebih banyak dari teman.
“Hyoyeon-ah.. kamu ngapain disitu?”tanya Tiffany tiba-tiba ada di sebelah Hyoyeon.
“Aku galau…”
“Jiaaah.. udah kayak anak muda indonesia niy.. hobinya galau.. korea juga kena virus galau niy ceritanya…”Tiffany menggoda.
“Gimana ya…?”tatapan Hyoyeon tampak kosong.
“Apa? Itu.. KAI sekarang jadi nggak pernah beli pulsa di aku lagi.. Gara-gara siy cungkring Yoona itu. Huh!”Hyoyeon mendengus kesal.
“Hey… kau ini kenapa?”Tiffany kemudian duduk di samping Hyoyeon.
“Setelah Yoona jualan pulsa. Trainee EXO jadi lebih beli ke dia. Padahal aku kan lagi ngincer KAI..” (T.T)
“Sudah..sudah… Biarkan saja mereka beli di Yoona. Kan masih ada Eunhyuk Oppa yang selalu setia untukmu… ihihihihi” Tiffany mencubit pipi Hyoyeon gemas.
“Eunhyuk Oppa udah tua.. KAI kan masih brondong.. gimana dund Mi young-ah! Aku galau tanpa nya~~” ala iklan.
“Kamu tu ya.. udah dapet teri masih aja ngincer nemo. Udah syukuri aja yang ada. Hehehe.. lagipula itu tandanya KAI nggak suka ma kamu.. wakakakaka..”Tiffany langsung kabur karena Hyoyeon melempar bantal ke arahnya.
Sekali lagi, ini bukan masalah uang tapi komunikasi sosial. (^-^)


Komentar pribadi:
Heheheh,.,, iseng aja,, udah lama nggak bikin cerpen. Cerita ini jadi fanfic karena tokoh-tokoh nya ja yang namanya ngambil dari nama artis. Kalo nggak pake nama artis ya cerpen biasa ja.
Cerpen ini terinspirasi dari kisah nyata,, jiaah… tapi nggak semuanya nyata. Cuma terinspirasi ja, cz aku emang jualan pulsa gitu (jiah promosi..^^)
Kenapa peran utamanya hyoyeon dan lawannya yoona.
Itu karena setidaknya ada beberapa fakta kayak Hyoyeon dibanding Yoona emang jauh kalo masalah penghasilan, ditilik dari CF nya YoonA yang emang seabrek dibanding Hyoyeon yang paling kebagian CF kalau bareng-bareng member ja.  Drama juga, YoonA udah punya 3 : You’re my Destiny, Cinderella Man, n yang terbaru Love Rain. Hyoyeon paling ikutan variety show ja,, sekarang dia Cuma aktif di Invicible Youth 2 bareng Sunny juga, n dancing with the star ja. dangerous boys udah tamat soalnya.
Kenapa aku pilih Hyoyeon kenapa nggak Sunny aja? Padahal kurang lebih kepopuleran mereka sama (iya nggak siy.. hehehe maap buat sunshiner kalo aku sotoy ^^).. itu karena biasku Hyoyeon unnie ^^ .. hehehehe.
Trus sebenernya agak konyol juga siy, artis SM jualan pulsa gitu trus yang laen juga pada utang pulsa gitu.. mana utangnya 5000 , 15000 dl.. jiaaah.. masa’ sekelas artis SM belinya segitu. Hahahaha..
Walo 1 won = 8 rupiah, tapi aku kesankan kalo 1 won itu yang 1 rupiah.. jadi 5000  won ya 5000 rupiah kalo di fanficku yang ini. ^^
Tapi nggak papa siy biar lucu aja (padahal nggak bikin ketawa juga ^^)
Gitu ja siy… makasiy kalo udah baca.. komen boleh.. kalo gx komen tetep harus komen ya!! (lha kok maksa) ^^
Gamsa hamnida..



Oppa : panggilan untuk kakak cowok dari cewek
Gidaryo : sebentar
Ya : hey
Mwo : apa
Anyeong : halo / apa kabar / bye
Unnie : panggilan untuk kakak cewek dari cewek
-deul : tambahan pada kata benda jika dalam jumlah banyak
Eomma : ibu
Anniyo : tidak
Gomawo / Gomawoyo / Gamsaheyo : terima kasih
Ne : iya
Sunbae : senior

3 komen buat post ini:

Unknown said...

:rainbow
:e

Na+ H- said...

makasiy udh baca n komen ;)

Putri Chitersone said...

Keren :)

Post a Comment

Back to Top